TUGAS
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI#
Disusun oleh :
10114982 Ana Yulianty
2KA15. FAKULTAS ILMU
KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015/2016
1. Jurnal
Berdasarkan jurnal tersebut, berikut
adalah analisa saya.
Era modern seperti saat
ini telah banyak bermunculan best practice yang data dijadikan acuan dalam
pengelolaan peningkatan pelayanan akan teknologi informasi dalam dunia bisnis.
Best practice yang digunakan harus terfokus pada bagaimana framework tersebut
dapat berguna untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan yang mengaplikasikan
nya dalam dunia bisnis.
Dalam jurnal tersebut
membahas, mengenai perancangan konfigurasi databse management di PT. Northstar
Pacific Capital untuk mendukung kegiatan bisnis berbasis pelayanan teknologi
informasi yang baik. Best practice yang merupakan satu bagian dari Framework
ITIL adalah CMDB atau Configuration Management DataBase. CMDB dianggap dapat
membantu perusahaan dan organisasi IT dalam pengelolaan komponen-komponen
infrastruktur untuk mendukung kegiatan operasional yang diharapkan oleh
perusahaan.
Dalam permasalahan yang
di hadapi oleh PT. Northstar Pacific Capital, perusahaan ini menyusun kriteria
untuk menentukan framework seperti apakah yang paling tepat. Kriteria nya adalah
sebagai berikut :
a. Framework harus merupakan best practice yang telah
diakui secara luas.
b. Framework tersebut harus dapat memetakan manajemen
layanan
c. Harus mengatur Konsep dan proses
d. Berorientasi pada aktifitas
e. Memiliki proses dokumentasi konfigurasi mulai dari
baseline hingga pengkiniannya.
f. Memiliki proses
menghubungkan entitas satu dengan yang lainnya
Dari keenam kriteria tersebut ITIL merupakan framework yang memiliki
semua persyaratan.
Dengan
adanya penyusunan kriteria dasar atas pemilihan jenis framework yang
dibutuhkan, maka akan lebih memudahkan dalam menemukan framework yang tepat. Setelah tahap menyusun kriteria pemilihan
framework selesai, maka tahap selanjutnya adalah melakukan perancangan, dimana
hasil penelitian untuk perancangan tersebut adalah percangan ini merupakan
hasil kompilasi dari dua roadmap perancangan CMDB yang ada, dimana terdapat dua
hubungan yang positif antara prosedur perancangan CMDB dengan peningkatan
layanan TI pada PT. Northstar
Pacific Capital.
Maka, dapat disimpulkan bahwa best
practice yang merupakan bagian dari framework ITIL memiliki banyak manfaat bila
diaplikasikan sebagai sarana untuk meningkatan pelayanan pada suatu perusahaan
bisnis dimana best practice tersebut berguna untuk meningkatkan respon kualitas
dan kenadalan solusi layanan TI, meningkatkan keterjangkauan predikbilitas dan
pengulangan hasil bisnis yang sukses serta memperoleh perencanaan dan
mengingkatan keterlibatan pemiliki proses bisns dengan pengguna dan juga untuk
mengurangi resiko insiden serta kegagalan dalam bisnis.
Dalam jurnal tidak dijelaskan secara
spesifik mengapa pada perusahaan tersebut memerlukan penerapan framework CMDB
pada perusahaan nya, selain itu contoh-contoh penerapan CMDB dalam dunia nyata
juga tidak perlu terlalu banyak karena tidak efisien.
2. Analisa Jurnal Internasional
Berdasarkan jurnal tersebut, analisa
saya adalah sebagai berikut.
Keterampilan dasar ITIL telah menghasilkan praktik-praktik manajemen IT
yang terlah banyak berkonttribusi untuk memperbaiki pelayanan dari perusahaan
kepada para client nya.
Dimana berdasarkan pengalaman nya,
perusahaan tersebut dalam proses pengimplementasian nya dapat membuktikan bahwa
proses ini dapat membawa nilai tambah jika diterapkan dalam rantai ekonomi
suatu perusahaan.
Konsep dasar ITIL adalah sebagai berikut :
-
Pelayanan
konsumen
Pelayanan konsumen
merupakan konsep terpenting dalam ITIL dimana hal yang paling penting adalah
bukan hanya melihat teknologi terbaru saja namun menyediakan pelayanan yang
tepat dan maksimak untuk para konsumen
-
Pelayanan
daur hidup
Konsep daur hidup adalah
menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk keberhasilan suatu proyek
-
Konsep
proses
Konsep proses dapat
menjawab rangkaian aktifitas ketika melalui pemerikasaan dan indicator kinerja
untuk menentukan program keluaran bagi proses yang telah di desain sebelumnya.
-
Kualitas
pelayanan
Kualitas dari pelayanan
dapat menentukan kesempatan untuk meneanggapi kebutuhan konsumen sebagai
kewajiban
-
Komunikasi
Salah satu kontribusi dari ITIL
adalah adanya komunikasi yang baik antara konsumen dengan supplier dimana
komunikasi ini
Dalam
morphology nya terdapat 5 konsep utama ITIL V3, yaitu :
-
Strategi
pelayanan
-
Desain
pelayanan
-
Transisi
pelayanan
-
Pelayanan operasi
-
Peningkatan
pelayanan secara terus menerus
Dalam jurnal dijelaskan secara detail
mengenai pengimplementasian ITSM melalui kerangka kerja ITIL yang diaplikasikan
pada perusahaan. Dimana pada pengaplikasian nya ITSM dapat memberikan banyak
keuntungan bagi perusahaan yang
menerapkan nya. Seperti, meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap supplier,
serta semakin bertambahnya konsumen karena pelayanan yang baik yang disediakan
oleh perusahaan.
Komentar
Posting Komentar