TUGAS
MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI#









Disusun oleh :
10114982 Ana Yulianty









2KA15. FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA 2015/2016
1.     Jurnal
Berdasarkan jurnal tersebut, berikut adalah analisa saya.
Era modern seperti saat ini telah banyak bermunculan best practice yang data dijadikan acuan dalam pengelolaan peningkatan pelayanan akan teknologi informasi dalam dunia bisnis. Best practice yang digunakan harus terfokus pada bagaimana framework tersebut dapat berguna untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan yang mengaplikasikan nya dalam dunia bisnis.
Dalam jurnal tersebut membahas, mengenai perancangan konfigurasi databse management di PT. Northstar Pacific Capital untuk mendukung kegiatan bisnis berbasis pelayanan teknologi informasi yang baik. Best practice yang merupakan satu bagian dari Framework ITIL adalah CMDB atau Configuration Management DataBase. CMDB dianggap dapat membantu perusahaan dan organisasi IT dalam pengelolaan komponen-komponen infrastruktur untuk mendukung kegiatan operasional yang diharapkan oleh perusahaan.
Dalam permasalahan yang di hadapi oleh PT. Northstar Pacific Capital, perusahaan ini menyusun kriteria untuk menentukan framework seperti apakah yang paling tepat. Kriteria nya adalah sebagai berikut :
a. Framework harus merupakan best practice yang telah diakui secara luas.
b. Framework tersebut harus dapat memetakan manajemen layanan
c. Harus mengatur Konsep dan proses
d. Berorientasi pada aktifitas
e. Memiliki proses dokumentasi konfigurasi mulai dari baseline hingga pengkiniannya.
f. Memiliki proses menghubungkan entitas satu dengan yang lainnya  Dari keenam kriteria tersebut ITIL merupakan framework yang memiliki semua persyaratan.

Dengan adanya penyusunan kriteria dasar atas pemilihan jenis framework yang dibutuhkan, maka akan lebih memudahkan dalam menemukan framework yang tepat.  Setelah tahap menyusun kriteria pemilihan framework selesai, maka tahap selanjutnya adalah melakukan perancangan, dimana hasil penelitian untuk perancangan tersebut adalah percangan ini merupakan hasil kompilasi dari dua roadmap perancangan CMDB yang ada, dimana terdapat dua hubungan yang positif antara prosedur perancangan CMDB dengan peningkatan layanan TI pada PT. Northstar Pacific Capital.

Maka, dapat disimpulkan bahwa best practice yang merupakan bagian dari framework ITIL memiliki banyak manfaat bila diaplikasikan sebagai sarana untuk meningkatan pelayanan pada suatu perusahaan bisnis dimana best practice tersebut berguna untuk meningkatkan respon kualitas dan kenadalan solusi layanan TI, meningkatkan keterjangkauan predikbilitas dan pengulangan hasil bisnis yang sukses serta memperoleh perencanaan dan mengingkatan keterlibatan pemiliki proses bisns dengan pengguna dan juga untuk mengurangi resiko insiden serta kegagalan dalam bisnis.
Dalam jurnal tidak dijelaskan secara spesifik mengapa pada perusahaan tersebut memerlukan penerapan framework CMDB pada perusahaan nya, selain itu contoh-contoh penerapan CMDB dalam dunia nyata juga tidak perlu terlalu banyak karena tidak efisien.


2.     Analisa Jurnal Internasional
Berdasarkan jurnal tersebut, analisa saya adalah sebagai berikut.
Keterampilan dasar ITIL telah menghasilkan praktik-praktik manajemen IT yang terlah banyak berkonttribusi untuk memperbaiki pelayanan dari perusahaan kepada para client nya.
Dimana berdasarkan pengalaman nya, perusahaan tersebut dalam proses pengimplementasian nya dapat membuktikan bahwa proses ini dapat membawa nilai tambah jika diterapkan dalam rantai ekonomi suatu perusahaan.

Konsep dasar ITIL adalah sebagai berikut :
-          Pelayanan konsumen
Pelayanan konsumen merupakan konsep terpenting dalam ITIL dimana hal yang paling penting adalah bukan hanya melihat teknologi terbaru saja namun menyediakan pelayanan yang tepat dan maksimak untuk para konsumen
-          Pelayanan daur hidup
Konsep daur hidup adalah menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk keberhasilan suatu proyek
-          Konsep proses
Konsep proses dapat menjawab rangkaian aktifitas ketika melalui pemerikasaan dan indicator kinerja untuk menentukan program keluaran bagi proses yang telah di desain sebelumnya.
-          Kualitas pelayanan
Kualitas dari pelayanan dapat menentukan kesempatan untuk meneanggapi kebutuhan konsumen sebagai kewajiban
-          Komunikasi
Salah satu kontribusi dari ITIL adalah adanya komunikasi yang baik antara konsumen dengan supplier dimana komunikasi ini
            Dalam morphology nya terdapat 5 konsep utama ITIL V3, yaitu :
-          Strategi pelayanan
-          Desain pelayanan
-          Transisi pelayanan
-          Pelayanan  operasi
-          Peningkatan pelayanan secara terus menerus
Dalam jurnal dijelaskan secara detail mengenai pengimplementasian ITSM melalui kerangka kerja ITIL yang diaplikasikan pada perusahaan. Dimana pada pengaplikasian nya ITSM dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan  yang menerapkan nya. Seperti, meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap supplier, serta semakin bertambahnya konsumen karena pelayanan yang baik yang disediakan oleh perusahaan.




Komentar

Postingan Populer